Sejarah FLMPI

Industri  di dalam sebuah negara adalah “Barometer” kemajuan sebuah negara. Kalau industrinya lemah maka lemahlah negara tersebut di mata internasional. Dan  sebaliknya kalau industrinya maju maka Reting dari negara/ bangsa juga akan meningkat di mata Internasional. Sehingga eksistensi dan kemajuan negara sangat bergantung kepada partisipasi dunia industri. Selain itu reformasi menuju tatanan masyarakat industri baru akan menentukan langkah selanjutnya kemana negara ini. Oleh karena itu perubahan mendasar di bidang kehidupan nyata, sangat diperlukan. Baik dalam profesionalitas SDM atau juga yang lain. Tapi paling tidak kesemuanya ini adalah sebuah sistem yang saling terkait. Baik  itu dalam sistem pendidikan, politik, maupun sosial budayanya. Akan tetapi hal ini tidak mudah untuk di wujudkan ketika  industriawan yang ada di indonesia tidak mampu untuk melakukan manufer-manufer baru yang dapat menjadikan dirinya sebagai Industriawan sejati.

Mahasiswa dengan sederetan kiasan romantis (Student Movemen, agent of  social control, agen of change, exc), belum menemukan bentuk atau format yang ideal dalam sebuah gerakan  untuk menetukan mau kemana bangsa indonesia selanjutnya. Sehingga  banyak mahasiswa  yang menaruhkan idealismenya.  Tetapi paling tidak dari semua gerakan itu dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah baik itu dari kediktatoran atau monopoli kekuasaan. Sehingga problematika yang sedang di hadapi oleh pemerintah ataupun masyarakat dapat terselesaikan dengan lambat laun.

Selain Itu Konsolidasi politk yang transparan antara gerakan mahasiswa dengan pemerintah yang tersistemik adalah PELUANG baik gerakan mahasiswa. Karena hal inilah moment untuk mematahkan opini buruk tentang Mahasiswa. Kemudian  negoisasi dan bergening dari gerakan Mahasiswa yang selalu terkontrol dan terkendali akan berimplikasi positif terhadap cita-cita gerakan mahasiswa. Sehingga pengaruhnya disini akan terlihat, dengan menunjukkan Idelaisme mahasiswa/gerakan yang selalu menyelesaikan masalah dengan cara diplomatis.

Dalam situasi yang kritis seperti negara kita ini, pastinya dan sebuah pengharapan dari gerakan mahasiswa untuk dapat didukung dari semua komponen masyarakat. Sehingga cita-cita kemerdekaan dapat terwujud dengan segera. Oleh kerena itu guna untuk mempersiapkan kader-kader yang berkualitas, yang mampu mencapai cita-cita maka penempahannya harus di lakukan dengan sedini mungkin. Sehingga Indonesia tidak lagi kekurangan tenaga kerja di sektor industri. Dan inilah yang menjadi salah satu pertimbangan bagi mahasiswa yang bernaung di bawah Departemen Perindustrian Dan Perdagangan, untuk mendirikan sebuah organisasi yang menaungi semua Lembaga Mahasiswa di institusi dalam naungan Departemen Perindustrian dan Perdagangan. FKLMPPI (Forum Kerjasama Lembaga Mahasiswa Perdidustrian dan Perdagangan Indonesia) adalah nama organisasi tersebut.

Pada tanggal 26 – 27 Desember 1997 bertempat dikampus Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta telah berkumpul lembaga-lembaga Mahasiswa perguruan tinggi yang berada di bawah Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI se–Indonesia. Dengan didasari oleh iktikat baik dari masing-masing Lembaga Mahasiswa Perguruan Tinggi di bawah Departemen Perindutrian dan Perdagangan RI, maka tercetuslah sebuah keinginan bersama untuk membentuk suatu wadah yang menampung seluruh aspirasi mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI.

Dengan keinginan luhur tersebut, maka telah diputuskan bersama untuk membentuk sebuah himpunan Lembaga Mahasiswa perguruan tinggi Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI, dengan nama Forum Kerjasama Lembaga Mahasiswa Perindustrian dan Perdagangan Indonesia yang disingkat dengan FKLMPPI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s